Tuesday, July 29, 2008

Seminar di Sekolahan

Hari Minggu kemaren, 27 Juli 2008, mengambil tempat di ruang kelas KB-TK-SD IT At Tibyan yang beralamatkan di Jl. Kapas Gading Madya I/ 23 Surabaya, sebuah acara diadakan mulai dari pagi sampe siang sekitar dhuhur. Acara bertajuk Seminar Psikologi yang menghadirkan dua narasumber sekaligus, yakni bu Ani (dosen psikologi Unair) dan pak Yanto (anggota dewan dari fraksi demokrat-keadilan sejahtera), ini disambut antusias oleh para hadirin yang terdiri dari para wali murid, praktisi maupun tenaga pendidik se kecamatan Tambaksari, Surabaya. Puluhan motor dan dua buah sedan timor nampak di parkir di halaman sekolah yang mempunyai suasana cukup asri dan nyaman ini.

Berikut kutipan dari pihak sekolah mengenai acara itu:


SEMINAR PSIKOLOGI ISLAMI

"GURU DAN KEPALA SEKOLAH SE KECAMATAN TAMBAKSARI, BULAK, KENJERAN MENGIKUTI SEMINAR PSIKOLOGI ISLAMI DI AT TIBYAN"


KB-TKIT-SDIT AT TIBYAN, 27 Juli 2008, pukul 8 pagi tampak ramai dengan peserta Seminar Psikologi yang terdiri dari Keluarga Walimurid Sekolah Islam AtTibyan, sekaligus Kepala Sekolah ataupun Guru dari TK dan SD seKecamatan Tambaksari, Kenjeran, dan Bulak. Seminar yang dimulai pukul 9 pagi ini menghadirkan Pembicara yang cukup berkompeten diBidang Psikologi Perkembangan Anak yaitu Ibu Nur Ainy Fardana S.Psi M.Psi, Dosen Fakultas Psikologi Unair, sekaligus Kepala Sekolah TK Ceria diLingkungan Kampus Unair, sedangkan Pembicara yang Kedua adalah Ust. Akhmad Suyanto S.T M.T, anggota DPRD Kota Surabaya yang menjelaskan tentang Profil Keluarga Islami. Ibu Neny yang tampil dengan memberikan Materi Pendidikan Islami sejak dini sebagai Solusi Keluarga Modern benar-benar mampu memberikan pencerahan sekaligus wacana baru bagi seluruh peserta Seminar, sedangkan Ustadz Akhmad Suyanto memberikan materi dengan luar biasa dan fammilier, sehingga peserta semakin bersemangat, karena ditambah dengan doorprize VCD pendidikan bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan ataupun diskusi yang dilontarkan.

Ketika Ustadz Akhmad Suyanto yang juga Anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera Kota Surabaya ini memberikan prolog tentang contoh 4 keluarga Islami yang disebutkan dalam Al-Quran, peserta pun berebut angkat tangan untuk menjawab pertanyaan tersebut, beberapa walimurid dan Kepala Sekolah dari sekolah lain berusaha menjawab pertanyaan dengan berbagi versi, mulai dari tauladan yang terbaik dari Keluarga para Nabi ataupun Keluarga yang disebutkan dalam Qur'an seperti Keluarga Imron dan Keluarga Luqman. Harapan utama dari pertanyaan tersebut adalah dengan pengetahuan kita yang luas tentang Profil ataupun bentuk Keluarga Islami dapat dijadikan contoh utama dalam mendidik Anak dan keluarga kita masing-masing, terutama contoh tauladan yang paling mulia dari keluarga Nabi Muhammad SAW, begitu penjelasan dari Ust. Akhmad Suyanto.

Acara ditutup dengan diskusi sekaligus konsultasi secara langsung dengan para pembicara, dibagi menjadi 2 termin waktu untuk penanya tampaknya masih belum cukup sehingga banyak yang masih mengharapkan adanya Seminar Lanjutan sebagai followup dari acara hari ini, baik itu dari pihak Walimurid Sekolah Islam AtTibyan ataupun dari undangan Kepala dan Guru dari TK dan SD se Kecamatan Tambaksari, Bulak, dan Kenjeran, seperti yang telah disampaikan oleh Ustadz Sony Sulaksono, Kepala KB-TKIT-SDIT AtTibyan yang berada di Jl. Kapas Gading Madya I/21-23 Surabaya.


Nah, demikian kurang lebih gambaran acara ini...


2 comments:

  1. yang bener tuh bu Ani, bu Ainy, ato bu Neny seh...???? (gakkk pentting bangeddh yahhhhhh)

    ReplyDelete
  2. Semoga makin banyak acara seperti ini, disertai antusiasme masyarakat...amiin...

    ReplyDelete

monggo mampir....

Skater

  • Dale Carnegie (edisi terj.)