Tuesday, July 29, 2008

Disiplin


Apa akibatnya kalo nggak disiplin.....?

Markas Digital...itulah konsep yang kuusung untuk tempat kerjaku saat ini. Markas identik dengan tempat berkumpul dan kembalinya prajurit mulai dari tingkat paling bawah sampai pucuk pimpinannya. Sementara konsep digital, mengikuti tren revolusi digital yang saat ini dialami peradaban umat manusia. Jadi, dengan konsep atau, kalau boleh dikatakan, paradigma ini..bangunan kecil yang semula difungsikan untuk ruangan laboratorium komputer sebuah sekolah dan kemudian dikembangkan sebagai unit wirausaha tidak hanya berorientasi pada jasa penyediaan akses internet, atau lazim dikenal dengan warung internet (warnet). Namun juga, bergerak secara lebih luas dan massif dengan menyediakan anything about your digital need (seperti yang ada dalam brosur kecil yang aku buat).

Salah satu nilai penting yang dapat diadaptasi dari markas beneran, adalah tentang disiplin. Khususnya, disiplin waktu.
Di markas digital ini, pelayanan akses internet untuk umum mulai jam enam pagi sampai jam sebelas malam. Dan laiknya markas pada umum, selalu ada yang stand by, minimal pada jam-jam umum tadi.
Cuman, dalam prakteknya...masih sulit menerapkan disiplin waktu seperti tadi. Misalnya, waktu buka masih lebih dari jam enam, kadang jam tujuh, kadang jam delapan. Pun, untuk waktu tutupnya, masih suka molor sampai jam dua belas, jam satu, malah pernah jam dua pagi baru tutup.

Dampaknya....
salah satu nih, sekarang sang commandante lagi ngerasa nggak enak badan. Ingus dari hidung terus mbeler, perut (di sekitar ulu hati) rasa nyeri, dan suhu badan naik....
Kronologisnya, tadi malam datang jam sebelas..harusnya sudah tutup. tapi masih ada dua orang lagi nge-net. Sementara, operator jaga waktu itu juga nampaknya lagi asik 'ngelembur' ketikan. (Padahal disini g ada konsep lembur, dengan demikian g ada kompensasi semacam uang lembur). Kudiamkan saja, hingga akhirnya...
jarum jam menunjukkan pukul satu dini hari!
Client, yang kebetulan orang ini langganan datang malam, terakhir baru beranjak dari depan komputer. Walhasil, setengah jam kemudian, gerbang markas digital baru dapat ditutup dengan sempurna!!!!
Keesokan paginya (hari ini), sang commandante markas digital kembali ke alam sadar ketika sinar sang surya sudah mulai menerobos lewat celah-celah pilar gerbang yang berdebu lumayan tebal dan cukup efektif untuk membuat orang jadi bersin.
Dan gejala-gejala yang pernah dialami oleh sang commandante pada masa silam, waktu itu sampai harus arrest total sampe berbulan-bulan untuk memulihkan kondisi kesehatannya, kembali dirasakan....

Semoga, sebentar lagi jatah logistik ransum segera tiba sehingga sang commandante dapat mengisi perut kosongnya...

1 comment:

  1. kayaknya...tanda-tanda "si virus" mulai aktif tuh,pak?!!!
    so...ati-ati deh..jaga pola makan....

    ReplyDelete

monggo mampir....

Skater

  • Dale Carnegie (edisi terj.)