Tuesday, September 16, 2008

Tidurnya Orang Puasa berNilai Ibadah

"hALLo, nanti habis subuh jalan-jalan yok...?!!!"
"Waduh..sori neh......nggak bisa...nGantuk...."
Yah...kok ngantuk? Jalan-jalan dulu, ngantuknya nanti bis jalan-jalan...
Nggak...ngantuk.....
.....
Yawdah...
Hallo?!....
Yawdah..tidur o sana.....
....
tut..tut..tut..tut.........
....
zzzzz......

jdi teringat sama teori salah satu teman sma tentang musabab seseorang setelah makan jadi gampang ngntuk.

MEnurut dia, zat-zat makanan yang udah di perut itu sifatnya menarik saraf-saraf mata ke bawah, jadinya pengennya mata itu kelopaknya seringkali merem-merem...menahan kantuk karena ditarik kebawah ma makanan yang udah di perut itu. Wakakakakakakakkk........

Kalo kantuk udah nggak tertahankan lagi, pikiran kita segera pindah dari alam sadar menuju alam bawah sadar. Gejala-gejala yang kadang ditemui orang yang ngantuk itu nggak sadar dengan keadaannya sendiri. Trus, Kelopak mata riyip-riyip seperti damar kanginan, punggung pengen ndang mambu kasur, otot-otot umumnya mengendor, mulut bolak-balik angop,...sampai kemudian kita sendiri memutuskan untuk tidur atau tertidur. Makanya dengan ngantuk itu, jadi warning supaya tubuh itu diberi kesempatan untuk menyeimbangkan dirinya. Mungkin, terlalu capek atau tegang. Sekaligus peringatan supaya orang yang berada di alam sadar ngertiin hak-hak sodaranya yang tengah berada di alam bawah sadar.
sesuai dengan teori diatas, saat selesai makan menjadi waktu favorit untuk tidur. Dan di bulan puasa ini, ada dua waktu besar orang-orang pada makan, saat buka dan saat sahur.
Terutama saat setelah sahur. Waktu ini jalanan lengang, lampu-lampu penerangan jalan masih menyala, pintu-pintu dan jendela rumah masih pada tertutup. Aktivitas kerja pun masih jauh, sekitar sejam dua jam ato mungkin lebih. Lumayan klo "nyicil" tidur di waktu itu.
Apalagi, tidurnya orang puasa itu bernilai ibadah....tul G?

No comments:

Post a Comment

monggo mampir....

Skater

  • Dale Carnegie (edisi terj.)